Buku-buku bertema bioekonomi perikanan

dpt.fpik.undip.ac.id (20/03/2019) – Departemen Perikanan Tangkap memiliki staf pengajar yang cukup produktif menulis buku. Dalam tiga tahun terakhir (2016-2018), empat buah buku bertema tentang Bioekonomi Perikanan telah diterbitkan. Beliau adalah Dr. Dian Wijayanto, S.Pi., M.M., M.S.E., seorang Doktor di bidang Ilmu Ekonomi dengan fokus pada bioekonomi perikanan.

Doktor dengan hobi mengenyam pendidikan tinggi ini sangat produktif dalam penelitian-penelitan dan menghasilkan berbagai hasil publikasi, baik dalam bentuk jurnal ilmiah maupun buku-buku yang dapat menjadi rujukan referensi. Setelah pada tahun 2012 lalu berhasil menerbitkan dua buah buku berjudul (1) Pengantar Manajemen dan (2) Manajemen Industri Perikanan, pada tahun 2018 telah terbit pula dua buah buku berjudul (1) Permodelan Bioekonomi Perikanan Multi Gears : Studi Kasus Cantrang dan Gill Net di Kabupaten Rembang dan (2) Perikanan Artisanal dan Perikanan Industri Kabupaten Pati : Analisis Bioekonomi Dampak Pelarangan Cantrang.

Buku-buku yang telah diterbitkan merupakan hasil penelitian yang telah selesai dilaksanakan, bekerjasama dengan peneliti-peneliti lain yang merupakan staf pengajar Departemen Perikanan Tangkap dan Departemen Akuakultur di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro.

Buku-buku tersebut dapat diperoleh dengan menghubungi penulis secara langsung di Gedung C lantai 1 (R.C103), Departemen Perikanan Tangkap, FPIK UNDIP Jl.Prof Soedarto, SH, Tembalang, Semarang. Buku-buku ini sangat relevan bagi para mahasiswa atau peneliti-peneliti maupun para pengambil kebijakan sebagai referensi dalam mengulas tentang bioekonomi perikanan (kkh).

Permodelan Bioekonomi Perikanan Multi Gears : Studi Kasus Cantrang dan Gill Net di Kabupaten Rembang

 

Perikanan Artisanal dan Perikanan Industri Kabupaten Pati : Analisis Bioekonomi Dampak Pelarangan Cantrang

 

(1) Buku Ajar Bioekonomi Perikanan : Studi Kasus Perikanan Tangkap dan Perikanan Budidaya dan (2) Buku Monograf Optimalisasi Keuntungan Usaha Budidaya Ikan dengan Bioekonomi