Laboratorium

Laboratorium dipimpin oleh seorang dosen yang keahliannya telah memenuhi persyaratan sesuai dengan cabang ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan oleh Laboratorium tersebut.

Koordinator Laboratorium bertanggung jawab langsung kepada Ketua Departemen.

Laboratorium bertugas untuk melaksanakan kegiatan dalam cabang ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian tertentu sebagai penunjang pelaksanaan tugas pokok Departemen sesuai dengan ketentuan bidang yang bersangkutan.

Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, laboratorium mempunyai fungsi:

  1. Mempersiapkan sarana penunjang untuk melaksanakan pendidikan dan pengajaran,
  2. Mempersiapkan sarana penunjang untuk melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu.
  3. Menyusun rencana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan cabang ilmu pengetahuan tertentu dalam lingkup Departemen, dan menjabarkannya dalam paying penelitian dan roadmap penelitian.

Penjaminan mutu di FPIK dilakukan secara internal dan eksternal. Penjaminan mutu internal yang menyangkut input, proses, output, dan outcome dalam Program Studi itu sendiri, audit internal dilakukan oleh Gugus Penjaminan Mutu (GPM). Pada tingkat Fakultas audit internal dilakukan oleh Tim Penjaminan Mutu Fakultas (TPMF) dan pada tingkat universitas Audit Internal dilakukan dan dikoordimasikan oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) UNDIP dan evaluasi diri.

Adapun penjaminan mutu eksternal yang berkaitan dengan akuntabilitas Program Studi terhadap para pemangku kepentingan (stakeholders) pada program sarjana dilakukan dengan menerima warga masyarakat lulusan SMU/SMK Perikanan untuk dididik dan selanjutnya dipantau sebaran dan profesi utama mereka.