Kegiatan koordinasi sebelum berangkat patroli

dpt.fpik.undip.ac.id (12/03/2019) – Tiga orang Mahasiswa dari Departemen Perikanan Tangkap melaksanakan penelitian untuk penyelesaian tugas akhir di wilayah Provinsi Banten, lebih tepatnya adalah di wilayah Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Karangantu, Serang.

Dalam proses penelitian, ketiga Mahasiswa Departemen Perikanan Tangkap berkesempatan untuk terlibat langsung dalam pelaksanaan kegiatan pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan yang dilaksanakan oleh Satwas SDKP Serang. Kegiatan yang dilaksanakan adalah Patroli mandiri dengan menggunakan KP. Dolphin 04 dengan lokasi patroli di perairan Teluk Banten.

Kegiatan yang dilaksanakan antara lain adalah pengawasan aktivitas operasi penangkapan ikan yang meliputi pemeriksaan kelengkapan dokumen kapal, jenis alat penangkapan ikan, dan hasil tangkapan ikan. Selain itu, Tim Satwas SDKP juga melaksanakan kegiatan pemeriksanaan kondisi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil dan pengawasan ekosistem mangrove.

 

Mahasiswa Departemen Perikanan Tangkap sedang mengikuti perjalanan menuju perairan Teluk Banten dengan KP. Dolphin 04

Mahasiswa Departemen Perikanan Tangkap yang sedang menyelesaikan tugas akhir di PPN Karangantu adalah Mahasiswa dari PSP Angkatan 2015 yaitu (1) Rimarashinta Eka Listya, (2) Nadya Istania, dan (3) Tria Nisma Nur Fajriah. Mahasiswa tersebut berinisiatif melaksanakan penelitian di wilayah PPN Karangantu, Serang dengan berbagai judul penelitian yaitu :

  1. Analisis Kinerja Kesyahbandaran dan Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Kesyahbandaran di Pelabuhan Perikanan Nusantara Karangantu Serang (Rimarashinta Eka Listya)
  2. Analisis Kinerja Satuan Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Terkait Ketaatan Kapal Perikanan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN)  Karangantu Kota Serang,  Banten (Tria Nisma Nur Fajriah)
  3. Analisis Hasil Tangkapan Per Upaya Penangkapan dan Pola Musim Penangkapan Ikan Kembung Yang Didaratkan Di PPN Karangantu Kota Serang (Nadya Istania)

Selama kegiatan, para mahasiswa juga mendapatkan pendampingan dan pembimbingan lapangan oleh personil dari Satwas SDKP Serang yaitu Slamet Riyanto,S.Pi. yang merupakan penyidik PNS di Satwas SDKP Serang (kkh).

Kegiatan Proses Pemeriksaan Kapal Penangkap Ikan

 

Kegiatan Pemeriksaan Dokumen Kapal dan Hasil Tangkapan Ikan

 

Kegiatan Pemeriksaan Kondisi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil

 

Source Dokumentasi : Slamet Riyanto