Bogor – Mahasiswa Departemen Perikanan Tangkap membawa senyuman kebahagiaan setelah pulang dari FESTANAS di IPB (13/10/2018) membawa perak. Tiga delegasi yang menjadi peserta final lomba debat dengan tema “Menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia melalui Perkembangan IPTEK Kelautan dan Perikanan” yaitu Firman, Opal, dan Rahayu berjuang keras melawan Tuan Rumah.

“Kami sudah berjuang keras dan melakukan yang terbaik. Alhamdulillah masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT menerima juara 2 dalam ajang debat ini”, jelas Firman Mahasiswa Departemen Perikanan Tangkap Angkatan 2017.

Proses yang mereka capai hingga sampai mendapatkan juara sangatlah berat. Mereka rela menghabiskan waktu malam untuk berlatih dan menguasai materi, sehingga data yang digunakan dalam debat nantinya valid. Selain itu, konsultasi dengan dosen-dosen DPT juga rutin dilakukan, tanya jawab dan pelatihan lainnya yang berhubungan dengan public speakingpun dilakukan. Oleh karenanya proses tidak membohongi hasil.

“Kami malam-malam pun selalu berlatih. Konsul dengan dosen, bahkan teman-teman dan seniorpun kami hubungi untuk kami ajak diskusi mengenai kemaritiman. Karena kami yakin, proses tidak akan mengkhianati hasil”, ungkap Opal dalam wawancara bersama LPM Warta Mahaprika.