Penyajian materi oleh salah satu pengajar pelatihan : Dr. Irfan Yulianto dari WCS

Departemen Perikanan Tangkap sebagai ujung tombak tempat pembelajaran dan pengembangan bidang studi perikanan tangkap di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro terus berupaya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang dimilikinya. Peningkatan kualitas sumberdaya manusia diperlukan untuk meningkatkan kualitas program pembelajaran, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan memiliki daya saing serta merespon perkembangan science terkini. Selain itu, upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia di Departemen Perikanan Tangkap juga menunjang kualitas pelaksanaan berbagai penelitian bidang perikanan tangkap, sehingga dapat diterapkan kepada masyarakat dalam bentuk pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Departemen Perikanan Tangkap untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia-nya adalah dengan menyertakan staf pengajarnya pada berbagai program pelatihan. Pada kesempatan ini, Departemen Perikanan Tangkap mengirimkan salah satu staf pengajar-nya untuk berpartisipasi dalam pelatihan pengolahan data perikanan berjudul “Pelatihan Analisis Data Perikanan Dengan Perangkat Lunak R Studio”.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Yayasan Rekam Jejak Alam Nusantara bekerjasama dengan Wildlife Conservation Society (WCS)-Indonesia Program, dilaksanakan di Yayasan Rekam Jejak Alam Nusantara Bogor pada tanggal 27 Februari 2019 s.d. 1 Maret 2019. Staf pengajar di Departemen Perikanan Tangkap yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut adalah Kukuh Eko Prihantoko, S.Pi., M.Si.

Para peserta pelatihan mengikuti penyajian materi oleh pengajar

Pelatihan ini meyajikan pemahaman tentang indikator pengelolaan untuk perikanan dengan data terbatas serta bagaimana cara mengolah data perikanan tersebut dengan menggunakan perangkat lunak R Studio. Pelatihan bersifat terbatas, hanya 8 (delapan) peserta yang menjadi partisipan dalam pelatihan dan berasal dari berbagai institusi perguruan tinggi serta NGO. Hal ini bertujuan agar materi yang disajikan dapat tersampaikan dengan baik. Meskipun demikian, para pengajar dalam pelatihan ini merupakan para ahli dalam pengolahan data perikanan menggunakan perangkat lunak R Studio. Para pengajar dalam pelatihan ini adalah Dr. Irfan Yulianto (WCS), Siska Agustina (WCS), dan Moh.Natsir (Pusat Riset Perikanan, KKP).

Para peserta melakukan studi kasus pengolahan data dengan R Studio

Materi pelatihan yang disajikan meliputi; (1) Pengantar Ilmu Perikanan (Perkembangan Perikanan Indonesia),(2) Installation R dan R for Fisheries (Libraries & Package), (3) Penghitungan Efisiensi Teknis Perikanan dengan Analisis Stokastik Frontier, (4) Penilaian Kondisi Stok Perikanan (Length Based Stock Assessent), (5) Penilaian Kondisi Stok Perikanan (Yield per Recruit dan Spawning Potential Ratio), dan (6) Penghitungan Catch per Unit Effort. (kkh)